Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 18 Januari 2013

Tips Memilih Helm Sepeda


Kemanan merupakan faktor penting yang harus benar-benar diperhatikan oleh para pesepeda, apalagi pecinta sepeda MTB yang kerap kali bersepeda melintasi medan-medan yang “tidak ramah” hingga rawan mengalami kecelakaan.
Salah satu perlengkapan bersepeda yang wajib dikenakan demi keamanan kegiatan ini adalah helm sepeda . Sebab, kepala adalah bagian tubuh yang sangat penting yang harus selalu mendapatkan perlindungan maksimal. Cedera pada kepala dapat berakibat fatal.
Hanya saja, sekadar memakai saja belum cukup membuat kepala menjadi benar-benar terlindung karena helm sepeda bukan sekedar aksesoris sepeda yang hanya menjadi pemanis. Anda tetap tidak akan terlindungi jika helm sepeda yang digunakan tidak memenuhi standar kualitas yang semestinya dan cara memakainya yang sembrono. Oleh karena itu, memilih helm sepeda yang berkualitas dan memakainya dengan cara yang benar wajib dilakukan oleh setiap pesepeda. Berikut adalah tips memilih helm yang berkulitas untuk memacu sepeda gunung Anda.

Pastikan Anda hanya memilih helm yang mempunyai sertifikat CE, Snell, atau CPSC (Consumer Product Safety Commision).
Cobalah sebelum membelinya. Pastikan Anda hanya membeli helm yang benar-benar pas saat dikenakan. Jangan lupa untuk mengaitkan talinya ketika mencoba helm yang hendak Anda beli.  Lalu, cobalah menggelengkan kepala ke kanan dan ke kiri. Jika posisi helm berubah, berarti helm tersebut terlalu longgar untuk Anda. Tinggalkan helm tersebut dan carilah yang lain yang betul-betul pas di kepala Anda. Jangan pernah tergoda untuk membeli helm hanya karena tertarik pada model dan warnanya, dengan mengabaikan faktor keamanan.
Anda tidak boleh membeli helm yang longgar. Sebaliknya, helm yang sempit pun harus Anda hindari karena dapat mengakibatkan kepala terasa sakit setelah memakainya selama beberapa menit. Untuk memastikan helm yang hendak Anda beli tidak sempit, cobalah helm tersebut dengan mengencangkan ikat helm pada bagian belakang kepala.
Telitilah dengan saksama spons atau busa pengganjal helem. Hal ini karena makin sering digunakan dan terkena tekanan, spons akan kempes. Jika spons pengganjalnya kempes, dapat membuat helm menjadi longgar. Jadi, pilihlah helm sepeda yang memiliki spons penganjal yang tidak mudah kempes.
Pilihlah helm sepeda yang mempunyai lubang ventilasi yang banyak. Helm jenis ini membuat Anda tidak akan merasa gerah ketika memakainya. Melalui lubang ventilasi yang banyak tersebut, udara akan mengalir dengan lebih baik.
Telitilah masa kedaluwarsa helm. Helm sepeda memiliki masa kedaluwarsa. Jadi, jangan membeli helm yang telah lewat masa kedaluwarsanya.
Dalam bersepeda, tidak ada faktor yang lebih penting daripada keamanan. Apalah artinya sepeda dan aksesori yang mahal jika tidak menunjang keamanan bersepada . Di antara faktor-faktor yang dapat meningkatkan keamanan bersepeda, helm merupakan komponen sepeda yang sangat penting. Jadi, pastikan helm yang Anda kenakan saat bersepeda bernar-benar berkualitas dan Anda mengenakannya dengan cara-cara yang benar.

dikutip dari http://merawatsepeda.com/aksesoris/memilih-helm-sepeda/

0 komentar:

Posting Komentar