Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 18 Januari 2013

Cara-Cara Mudah Membersihkan Rantai Sepeda


Rantai sepeda merupakan salah satu komponen sepeda yang sangat menentukan kenyamanan dan keamanan bersepeda. Kondisi rantai yang prima akan membuat sepeda terasa ringan ketika dikayuh dan tidak menimbulkan suara berisik yang mengganggu. Sebaliknya, kondisi rantai sepeda yang kering dan berkarat dapat membuat sepeda terasa berat saat digunakan, apalagi kalau itu terjadi pada sepeda MTB. Suara berisik yang membuat tidak nyaman pun akan muncul.
Sebagaimana seluruh bagian sepeda, rantai harus mendapatkan perhatian dan perawatan agar kondisinya selalu bagus. Berikut adalah cara-cara mudah membersihkan rantai sepeda, yang dapat Anda praktikkan.

Gunakan cairan engine degreaser untuk meluruhkan bekas pelumas lama. Pelumas yang telah lama melekat pada rantai sepeda akan bercampur dengan debu dan membuat rantai menjadi kotor. Memang ada penyuka sepeda yang berpendapat bahwa penggunaan degreaser akan membuat rantai menjadi kering. Akan tetapi, hal ini tidak akan menjadi masalah yang menggangu jika setelah pembersihan selesai, cairan yang masih melekat pada rantai segera dibersihkan dan rantai segera dilumasi dengan pelumas sepeda yang berkualitas.
Diamkan selama 2 hingga 3 menit. Semprotkan air ke rantai, sikat hingga benar-benar bersih. Selain rantai, proses pembersihan yang sama juga harus dilakukan pada bagian cassete. Setelah disemprot dengan air, sekalah dengan kain kering yang bersih.
Lumasi rantai dan cassete menggunakan pelumas yang bagus, yang khusus untuk rantai sepeda. Dianjurkan menggunakan pelumas khusus rantai sepeda sebab pelumas jenis ini tidak akan membuat rantai menjadi kering setelah penggunaan dalam waktu yang lama.
Cara membersihkan rantai sepeda di atas adalah cara yang praktis dan mudah dilakukan. Namun, jika Anda menginginkan cara yang lebih praktis, berikut tips untuk Anda.

Lepaslah rantai sepeda menggunakan alat bernama chain cutter.
Siapkan botol plastik bekas kemasan air mineral. Isilah dengan minyak tanah atau bensin hingga setinggi 3 sampai 5 cm. Kemudian, masukkan rantai yang telah dilepas ke dalam botol. Kocok-kocok botol. Minyak tanah atau bensin di dalam botol pun akan meluruhkan kotoran yang melekat pada rantai sepeda.
Setelah rantai terlihat bersih, keluarkan dari dalam botol. Kemudian, lap rantai menggunakan kain kering dan bersih.
Bersihkan bagian cassete sebelum memasang kembali rantai pada sepeda.
Rantai sepeda yang terawat akan membuat nyaman bersepeda. Anda pun akan senang menggunakannya untuk berbagai tujuan, misalnya untuk berolahraga, bekerja, atau tujuan-tujuan lain. Memiliki sepeda yang nyaman dan terlihat elok tidak harus dilakukan dengan menambahkan aksesori sepeda mahal atau menservis di bengkel – bengkel sepeda yang mahal. Anda dapat merawat sepeda Anda sendiri, tanpa menghabiskan biaya, hingga sepeda berada dalam kondisi terbaiknya.

dikutip dari http://merawatsepeda.com/perawatan/membersihkan-rantai-sepeda/

0 komentar:

Posting Komentar