Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 18 Januari 2013

Asupan Energi dengan Bersepeda


BERSEPEDA tidak hanya berarti mengeluarkan keringat sembari mengayuh. Olahraga ini terbukti mampu memberi energi ekstra pada tubuh.

Peneliti asal University of Georgia di Athena menemukan bahwa subjek penelitian yang menjalani sesi stationary cycling selama 30 menit mengalami peningkatan energi yang signifikan. Sebagai tambahan, peneliti juga menangkap adanya perubahan positif pada bagian otak yang berhubungan dengan pengontrolan energi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat bernama electroencephalogram.

“Bersepeda tampaknya mampu mengaktifkan sirkuit saraf otak yang membuat orang merasa lebih berenergi,” kata Patrick O’Connor, profesor bidang kinesiology di University of Georgia. Pernyataan yang menyebutkan bahwa aktivitas fisik selalu melelahkan dan membuang energi ternyata tidak sepenuhnya benar. Justru dengan berolahraga, tubuh merasa lebih segar dan bertenaga.

Untuk mendapatkan limpahan tenaga ini, lakukanlah kegiatan bersepeda pada kecepatan rendah hingga sedang di stationary bike selama 15 menit 3 kali seminggu. Hal ini dianjurkan oleh Rick Mayo, instruktur sepeda dan pemilik North Point Personal Training, Georgia. Sesi latihan ini akan memberikan stimulus yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan peningkatan energi secara konsisten.

Tak perlu kuatir jika kita ternyata bosan berolahraga di gym. Bersepedalah di udara terbuka. Peneltian memperlihatkan bahwa olahraga outdoor lebih mampu meningkatkan tenaga dibandingkan aktivitas indoor.


dikutip dari http://www.wartakotalive.com/detil/berita/111324/Asupan-Energi-dengan-Bersepeda

0 komentar:

Posting Komentar