Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 18 Januari 2013

Bentuk Sadel yang Baik


Sadel bagian sepeda yang paling banyak dikeluhkan oleh para pengendara sepeda; mulai dari masalah ketidaknyamanan ketika dinaiki, sampe mudah rusak yang disebabkan oleh berbagai hal karena jatuh atau keringat. Sebelum membeli saddle alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal berikut :

1.Bentuk

Bentuk sadel yang ada ditoko sepeda banyak sekali modelnya, sadel dibuat untuk dengan berbagai bentuk bertujuan untuk menopang berat badan saat bersepeda. Sadel juga dibuat sedemikian rupa sehingga pas dengan sit bone/tulang ekor/bokong; sadel untuk perempuan biasanya lebih lebar dibandingkan dengan saddle untuk pria.

Sadel yang terlalu lebar biasanya jika dinaikin akan terasa cepat panas, begitu juga sadel sepeda yang telalu sempit maka kita akan merasa seperti duduk pada pegangan tangga bikin nyelip-nyelip ga karuan.

Jika kita melihat di toko sepeda ada beraneka ragam model sadel; ada yang datar/flat; ada yang kotak ada juga yang membentuk lengkungan seperti kurva dan lebih bulat. Untuk sadel road bike/balap biasanya dibuat dengan ujung depan yang lebih tebal dengan cover yang halus dan untuk sepeda gunung bisanya dibuat lebih tebal dengan cover/permukaan yang agak kasar.

2.Shell dan Design.

Sadel biasanya dibuat dari campuran plastik untuk agar tidak berat; biasanya terbuat dari nylon, ada pula yang dibuat dari 100% carbon. Pabrikan sadel membuat sadel seringan mungkin tapi tetap mampu menahan berat badan pengendara saat bersepeda. Desain sadel yang baik adalah saddle yang mampu menopang pergeseran sit bone saat bersepeda;

3.Padding/Busa Sadel.

Padding/busa pada sadel adalah bagian yang sangat vital untuk kenyamanan. Padding sadel biasanya menggunakan busa urethane yang dicampur dengan gel polymer sehingga pengendara dapat nyaman dalam bersepeda; busa dan gel ini dicetak bersama-sama dengan shell, dengan kepadatan dan ketebalan yang bervariasi sesuai model.

Bantalan sadel yang tebal dan empuk tidak selamanya membuat nyaman saat bersepeda; jika bantalan sadel kita tidak sesuai dengan posture tubuh, maka bukan nyaman yang didapat tapi sakit dan panas. Karena bantalan sadel didesain agar mampu focus menopang sit-bone; apabila terlalu tebal sangat memungkin area-area lain disekitar sit-bone tekena bantalan saddle yang menyebabkan sakit dan panas.



4.Dudukan sadel.

Dudukan sadel adalah bagian bawah sadel yang ditempelkan pada seatpost. Dahulu dudukan sadel ini dibuat dari besi baja yang berat kemudian dilapisi dengan chrome; saat ini dudukan sadel dibuat dari carbon yang di lapisi alumunium atau untuk sadel yang mahal biasanya dibuat dari titatium sehingga saddle menjadi lebih ringan dan kuat. Beberapa jenis sadel menggunakan monorail atau system balok sehingga mudah dipasangkan pada seatpost.

5.Cover sadel.

Cover sadel ada yang terbuat dari kulit ( sapi, ada juga untuk menambah eksotik terkadang dibuat dari kulit buaya atau ular), kulit sintesis (lorica); adapula yang terbuat dari campuran kain dan plastic. Cover sadel untuk race/balap biasanya dibuat dengan licin atau halus; sedangkan untuk sepeda off-road/mountain (MTB) biasanya pada sudutnya dibuat agak tebal untuk menahan pantulan saat turunan pada medan yang tidak rata. Pemilihan warna dan bahan cover sadel selain membuat nyaman juga dapat mempercantik tampilan sepeda kita.

Jadi pilihlah saddle sepeda yang sesuai sepeda yang anda kendarai (road/mountain); ringan dan yang penting nyaman.

Selamat bersepeda…

dikutip dari http://komunitassepeda.com/tips-bersepada/bagaimana-cara-memilih-saddle-sepeda-yang-baik/

0 komentar:

Posting Komentar