Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 18 Januari 2013

Kiat Bersepeda di Bawah Terik Matahari


Bagi masyarakat yang sudah terlanjur enjoy bersepeda, panas matahari nampaknya bukan menjadi kendala untuk menjalankan aktifitas yang menyenangkan bersepeda. Namun perlu diperhatikan juga, berkendara di bawah sengatan matahari bisa jadi malapetaka jika kita tidak mempersiapkan segala sesuatunya.
Maka, perlu diketahui apa saja yang harus dipersiapkan ketika Anda gowes di bawah sinar sang surya. Selain untuk kenyamanan, jauh lebih penting dari itu adalah untuk keamanan bagi para goweser.
Berikut beberapa tip untuk menghadapi panasnya terik matahari, agar Anda aman dan nyaman serta tetap bersemangat meski bersepeda di bawah terik mentari, dikutip dari www.cicle.org.
1) Gunakan kacamata hitam. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi mata Anda dari silau matahari secara langsung maupun dari cahaya yang dipantulkan oleh jalan yang Anda lewati. Selain itu, penggunaan kacamata gelap juga dimaksudkan untuk meminimalkan kelelahan mata.
2) Memakai topi. Penggunaan topi juga tidak boleh sembarangan. Jika Anda ingin merasa nyaman saat sedang gowes, gunakanlah topi dengan bahan yang ringan. Selain topi, penggunaan helm juga turut mengurangi rasa panas akibat cahaya matahari.
3) Hati-hati fatamorgana. Ketika cuaca sedang panas, kita kerap menyaksikan jalanan seperti bergelombang. Maka, jangan terkecoh dan jangan terlalu terfokus dengan ini. Tetaplah berkonsentrasi mengendarai sepeda Anda dan usahakan untuk menjaga jarak pandangan dekat saja.
4) Lebih berhati-hatilah pada hari terik panas. Dalam cuaca yang super panas, gunakan apa saja untuk melindungi tubuh Anda dari sengatan matahari. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan semacam tabir surya. Gosokkan tabir surya tersebut ke beberapa bagian, misalnya wajah, leher, lengan, kaki atau bagian manapun yang terkena sinar matahari. Untuk menghindari dehidrasi, minumlah secara teratur dan jangan memaksakan diri.
5) Kontrol kecepatan. Jika Anda bersepeda baik sejalan atau berlawanan dengan arah sinar matahari, tetaplah hati-hati dengan menjaga kecepatan. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada pagi atau menjelang sore hari. Ingat, selain untuk keamanan Anda, hal ini juga berperan untuk keamanan pengendara lain yang mengalami hal sama dengan Anda, yakni berkendara dengan melawan atau sejalan dengan arah sinar matahari.
Demikian beberapa tip yang bisa Anda praktikkan ketika gowes di bawah terik matahari, agar pejalanan Anda semakin nyaman dan aman.

dikutip dari http://www.wartakotalive.com/detil/berita/110071/Kiat-Bersepeda-di-Bawah-Terik-Matahari

0 komentar:

Posting Komentar