Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 08 Februari 2013

Tips mengecat sepeda


sekedar share aja cara saya ngecat sepeda (repaint). Agak sedikit ribet sih.. tp hasilnya menurut saya maxsimal
tahapan saya di mulai dari menghilangkan cat sepeda > amplas> primer> cat

Bahan yg di perlukan : paint remover, sikat kawat yang halus, amplas sikkens / toho (Grid 240, 400, 600, 800, 1000, 1200), RJ product (primer, paint, coating)

Tahap pertama : Menghilangkan cat lama:
A. sebelumnya cat lama harus di bersihkan terlebih dahulu, boleh dikerik. kemudian gunakan paint remover (beli di toko cat / bangunan). oleskan dibag yang ingin dihilangkan catnya dengan kuas.
biarkan sebentar hingga nanti cat lamanya menggumpal. setelah itu silakan disikat pake sikat kawat yg lembut usahakan jangan sampe cipratannya kena kulit (hati2 jgn cairan remover ini berbahaya buat kulit, apabila kena kulit segera cari air untuk membilasnya). paint remover ini harganya sekitar 20ribuan

B. kalau mau cari aman silakan gunakan amplas Grid 240 (usahakan beli agak banyak) gosok hingga catnya hilang. jangan menggunakan Grid dibawah 200. grid di bawah 200 terlalu kasar untuk rangka sepeda.

C. sabar dan teliti. menghilangkan cat lama memang butuh kesabaran, tenaga, dan ketelitian. karena bagian ini yg bener2 butuh pengamatan ekstra dan pekerjaan yg melelahkan


Tahap kedua : amplas dan bersihkan:

A. setelah selesai menghilangkan catnya silakan cuci rangka sepedanya pake sabun. jangan pake sabun yg ada pelembabnya (sabun mandi). Rekomendasi ; deterjen, sunlight, sabun colek

B. setelah dicuci bersih silakan segera keringkan. setelah itu boleh lanjut ke bag pengamplasan dimulai dari grid 400.., setelah itu Grid 600.., kemudian Grid 800.., (semuanya secara merata)

C. setelah selesai silakan cuci kembali rangkanya (pake air saja) setelah itu silakan gosok kembali dengan amplas grid 1000 (basahi amplasnya dengan air).

D. setelah selesai silakan cuci kembali dengan sabun dan keringkan (silakan anda membelai rangka sepeda anda.., dijamin mulus bak paha cw )


Tahap ketiga : primer:

Fungsi dari primer adalah sebagai lapisan dasar cat yang akan kita semprot.
Disini saya menggunakan cat semprot RJ. Warnanya yg sy rekomendasikan adalah Gray & White. Kode cat semprot RJ untuk white 1007 dan Gray 68 (klo tidak salah)

Buat anda yang nantinya mau paint warna terang silakan pilih white. Karena warna hasilnya nanti akan maksimal (meskipun nanti anda mau mengecat sepeda anda dengan warna putih). Sangat recommended untuk cat flurescent (cat yg warnanya ngejreng)
Kalau warna gelap anda bisa memakai primer Gray / White (terserah selera masing2)

Primer ini berbeda jenisnya dengan cat biasa, teksturnya berbeda. Menurut saya primer ini wajib hukumnya sebelum anda memulai mengecat sepeda.

Cara penggunaanya seperti anda menggunakan cat semprot biasanya. Kocok kalengnya selama 1 menit, kemudian Sapukan secara merata. Jangan takut apabila hasilnya menumpuk / tebal. Karena setelah primer ini nantinya akan diamplas lagi kok dengan Grid 1200


Tahap keempat : pengamplasan primer:

Setelah dipastikan primer kering, silakan anda basuh kembali rangka sepeda anda dengan air. Setelah ini anda perlu mengamplas kembali sepeda anda yg sudah diprimer td dengan amplas Grid 1200.

amplas sepeda anda yg sudah di primer td dengan dibasahi air (amplas secara pelan2 saja). Setelah bidang yg di amplas td, silakan coba diraba dengan tangan (saya jamin hasilnya sangat sangat mulus sekali. Paha cw kalah mulusnya gan hehehe).
Nah setelah tahap ini selesai silakan dicuci kembali pake sabun, setelah itu keringkan


Tahap kelima : pengecatan:

Silakan sapukan cat yg anda inginkan.. selapis demi selapis saja.. (tidak perlu tebal-tebal)
Disini sabar menjadi kunci agar hasil maksimal. Mau pake cat semprot monggo, lewat spray gun juga monggo.. setelah dipastikan kering silakan lapis dengan coating (tidak wajib, ya selera masing2 ajalah). coating fungsinya buat melindungi lapisan cat.
Coating Ada dua macam : matt (flat) dan clear


Btw ini sekedar share saya saja. Mau di jadiin acuan ya monggo.. engga jg gpp.. sante saja karena tiap2 orang pasti punya cara berbeda2
memang agak repot.. tapi untuk saya pribadi sudah puas. Lebih baik tersiksa diawal tapi dapat hasil cat yang maksimal
klo mau lebih maksimal lagi bisa tuh pake waxing. Catnya di jamin kinclong kek mobil. Tp saya rasa coating saja sudah cukup kok. toh jg nanti sepedanya tidak untuk kontes fashion seperti mobil kan hehehe.

diambil dari : http://sansida.blogspot.com/2012/01/tips-mengecat-sepeda.html

0 komentar:

Posting Komentar