Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 24 Februari 2013

balajar freestyle bmx yuk !!!


Olahraga ekstrim telah menangkap mata dan pikiran bangsa kita. Salah satu olahraga ini kebetulan Freestyle BMX. Walaupun mungkin terlihat terlalu rumit bagi non profesional untuk mencoba, jujur saja sebenarnya siapa pun dapat melakukannya dengan sedikit keberanian, sedikit latihan, dan peralatan yang tepat. nah bagaimana cara melatihnya ayo kita simak bareng mbak shena gothic ckckckck,,,, sok imah !!!
BMX biasa gaya belajar riding (berkuda) dulu. Bekerja pada keterampilan BMX dasar akan mempersiapkan kamu untuk pertempuran yang kadang-kadang bisa ke gaya bebas. Meskipun keterampilan yang diperlukan untuk melakukan gaya lurus ke atas BMX riding, freestyle melemparkan lebih banyak keadaan tidak terduga yang dapat melukai kamu jika Anda belum tahu dasar-dasar.
Membangun otot dan tulang kamu dengan kepadatan lintas-pelatihan. Otot dan tulang adalah pertahanan utama kamu untuk organ internal jika kamu terjatuh jatuh ataur terbentur. kamu bisa naik sepeda stasioner di gym sepanjang hari tapi hanya ada beberapa latihan yang dapat membangun otot dan kepadatan tulang lebih baik daripada sekadar bersepeda. Cross-kereta dengan menjalankan dan beberapa jenis pekerjaan tubuh bagian atas untuk menambahkan lapisan tebal otot serta menambah kepadatan tulang untuk mencegah kerusakan. Yoga juga dapat membantu dengan memiliki otot-otot longgar dan fleksibel, dan merupakan sarana pelatihan silang.
Belajar naik dalam satu bungkus. Salah satu hambatan terbesar untuk mengatasi dalam mengendarai gaya bebas dalam satu bungkus. Sulit untuk menggandakan tanpa ini dalam perlombaan yang sebenarnya, tetapi ada beberapa latihan yang dapat Anda lakukan dengan teman riding (berkuda). Latihan riding (berkuda) berdampingan dengan teman dan bump naik siku. Ini akan membantu kamu berlatih keseimbangan dalam kelompok. kamu juga berusaha memiliki teman naik langsung di depan Anda di sebuah jalan yang terbuka. meskipun mereka secara berkala berhenti tanpa peringatan kamu. Ini akan membuat kamu terbiasa mampu menghindari seorang pengendara jika mereka terjatuh atau terluka di depan Anda.
Pelajari bagaimana jatuh. Ini mungkin salah satu senjata yang paling penting dalam melindungi diri kamu sendiri. Ini mungkin kedengaran sangat tidak ada gunanya untuk berlatih jatuh, tapi tidak ada salahnya untuk dipersiapkan. Pergi ke daerah berumput lembut dan praktek jatuh dari posisi berhenti. Jauhkan tangan kamu pada batang tubuh sampai kamu benar-benar menyentuh tanah dan ketika kamu jatuh membiarkan seluruh tubuh kamu lemas. Jika kamu mencoba untuk mengulurkan tangan dan menahan diri dengan tangan atau lengan kamu kemungkinan besar dapat mematahkan pergelangan tangan atau tulang leher kamu. Setelah telah menguasai jatuh dari posisi berdiri, coba naikkan level jatuh. Kali ini saat tubuh kamu telah sepenuhnya jatuh ke tanah, berguling menjauh dari sepeda. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengusir beberapa gaya melalui roll. Bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan sederhana sebelum Anda membeli sebuah sepeda BMX akan membantu memastikan Anda memilih sepeda yang tepat untuk Anda. Beberapa orang mengabaikan pertimbangan ini, hanya untuk mengakhiri dengan sepeda BMX yang salah. Anda tidak ingin ini terjadi pada Anda.? so baca beberapa tips untuk memilih BMX yang sesuai dengan keinginan anda.
Tentukan BMX gaya apa yang terbaik bagi Anda. BMX datang dalam tiga gaya – klasik bmx, freestyle BMX dan Langsung Biker. Pilih lompat sepeda jika Anda berniat untuk melakukan banyak ramping. Pilih freestyle jika Anda ingin belajar banyak trik. Pilih klasik jika Anda hanya perlu yang baik, sepeda BMX yang dapat di andalkan.
disamping itu frame yang seperti apa yang  dibuat. Sepeda BMX biasanya terbuat dari dua jenis bahan frame – chromoly baja atau aluminium. Bingkai baja kokoh dan ekonomis. Aluminium frame lebih mahal, tetapi ringan.
Tentukan ukuran frame sepeda BMX Anda. Sepeda BMX datang dalam berbagai ukuran, terutama untuk membuat mereka merasa nyaman untuk berbagai kelompok umur. Siapa pun selama 12 tahun akan memerlukan sebuah “ukuran penuh” frame sepeda BMX, sementara mereka yang di bawah 12 tahun akan membutuhkan bingkai yang lebih kecil.
Tentukan jenis rims yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Freestyle sepeda BMX biasanya memiliki baik mag rims atau 48-spoke rims. Sepeda BMX klasik biasanya memiliki bobot yang lebih ringan, 32-spoke aluminium rim, yang memberikan sedikit tambahan kecepatan untuk balap. Jumping sepeda memerlukan rims sangat kuat, sehingga mereka biasanya baik dengan 48-spokes atau rims 36 rims yang memiliki tugas berat 13 gauge jari-jari.
Tentukan gaya rem yang ingin Anda gunakan pada sepeda BMX Anda. Jumper dan sepeda BMX klasik biasanya lebih suka mentah menguasai berhenti, sehingga memilih untuk pergi dengan satu, linear tarik sistem pengereman pada ban belakang. Ini menawarkan mencengkeram maksimum untuk cepat berhenti. Sepeda BMX freestyle biasanya membutuhkan lebih banyak kontrol dan kurang daya mentah, sehingga mereka biasanya dilengkapi dengan U-rem pada kedua ban depan dan belakang dari rem. U-rem menawarkan lebih terdistribusi berhenti, tetapi tidak seperti linier seketika  BMX menarik rem
 Pernah merasakan “terbang” menggunakan sepeda Bicycle Motocross (BMX)? Jika belum, berarti Anda harus mencoba permainan BMX Street atau Dirt Jump (selanjutnya ditulis BMX Street). Jenis permainan ini menuntut kepiawaian pesepeda dalam melompati sebuah rintangan, serta dilengkapi dengan sebuah trik. Umumnya rintangan itu meliputi: tabletop, double jump, atau jump box. Lewat rintangan itu, rider akan melompat tinggi, seolah-olah terbang. Biar terbangnya sempurna, aplikasikanlah trik terbang seperti superman.
Namun, kalau Anda tertarik dan ingin menseriusinya, hal utama yang mesti diterapkan adalah sebuah latihan dasar. “Sebelum main BMX Street atau Dirt Jump, seorang pemula harus paham dulu jenis permainan ini,” ujar Asep Tubagus, pemain BMX Street. Selanjutnya, menurut Apep sapaan akrabnya, rider pemula harus membentuk kekuatan tangan dan kakinya. Pembentukan kekuatan tangan dan kaki bertujuan untuk menahan goncangan saat sepeda di udara, landing atau jatuh ke tanah.
Bukan hanya tangan dan kaki saja yang perlu “diasah” agar Anda menjelma sebagai dirtjumper. Ada latihan lain yang mesti dipelajari. Jelasnya, berikut resep latihan singkat dari anak-anak BMX Street B2ST Bandung, Apep dan Reza Aqmal Faizal (Esa).
Melatih Kekuatan Tangan
Dalam mempelajari permainan sepeda BMX Street, kekuatan tangan sangat mutlak dilatih. Fungsi kekuatan tangan itu nantinya terasa saat Anda memegang kemudi (handlebars). Bila tangan Anda kuat, penguasaan atau kendali sepeda saat di udara maupun di darat akan stabil.
Untuk memenuhi syarat itu, rutinlah push up dan pull up. Berlatihlah setiap hari di waktu senggang Anda. Atau kalau Anda punya barbel, angkatlah beban itu berulang-ulang. Cara lainnya yang tergolong ekstrem, menurut perwakilan Juri Indonesia di Asian Indoor Games itu adalah turun gunung (downhill). Dengan melalui jalan off road yang berbatu, tangan dilatih untuk menjaga keseimbangan sepeda. Getaran yang dihasilkan lewat jalur off road akan membiasakan Anda memegang kuat handlebars.
Melatih Kekuatan Kaki
Kaki dilatih untuk menjaga keseimbangan tubuh saat mengayuh sepeda. Tujuan lainnya untuk mengatur kecepatan sepeda saat hendak melewati rintangan. Bila jarak antara start dan rintangan pendek, di situlah Anda dituntut memperoleh speed guna menghasilkan lompatan tinggi.
Cara melatih kaki terbilang sederhana dan mudah. Apep hanya menyarankan untuk menggenjot sepeda sesering mungkin. Makin seringnya Anda menggowes sepeda, kekuatan kaki perlahan-lahan akan timbul. Namun kalau menurut Anda itu bisa membosankan, olahraga jogging juga cukup membantu melatih kaki dan fisik tentunya.
Melatih Keluwesan Tubuh
Pemain BMX Street dituntut memiliki keluwesan tubuh. Itu berguna begitu Anda berada di udara mengaplikasikan gaya freestyle. Trik yang hendak Anda keluarkan itu nantinya akan terlihat lembut dan indah. “Kalau sudah terbang kelenturan tubuh akan memperindah trik kita. Dan biar kelihatan cool,” ujar Esa, Juara 3 Dirt Jump Asian Championships 2007 di Bali.
Cara melatihnya dengan mulai menumbuhkan keberanian di arena sesungguhnya. Namun sebaiknya dimulai dengan melewati rintangan berupa tabletop pendek. “Body protector wajib dikenakan saat mulai berlatih di trek,” saran Esa.
Sebagai pemula, belajarlah trik dasar dulu. Di Indonesia sendiri sudah banyak trik dasar yang diadopsi dari luar. Misalnya: table top dan x-up. Rutinlah menerapkannya. “Yang terpenting seorang pemula harus fokus dengan satu trik dulu,” kata Esa.
Berlatih Cara Jatuh yang Baik
Dalam mempelajari permainan BMX Freestyle, resiko jatuh pasti ada. Namun supaya insiden itu tidak fatal dan berbahaya, Apep punya sedikit tips berlatih. Menurutnya, begitu Anda mencoba mengeluarkan satu trik buruk, dan bakal jatuh, sebaiknya jangan menahan beban tubuh Anda dengan tangan atau kaki. Ikutilah pergerakan jatuh Anda itu dengan berguling ke depan maupun ke samping. Tergantung arah jatuhnya.
Dan sebisa mungkin saat jatuh jangan bersama sepeda. Buanglah sepeda sesegera mungkin,” timpal Esa. “Tapi sebaiknya tetap gunakan protector saat berlatih.” Selamat berlatih.
anda juga bisa melihat atraksi dan artikel mengenai BMX lainnya di sini BMX PARK
Bisa terbang dengan bantuan sepeda tentu mengasyikan. Namun demi mewujudkan itu, diperlukan sejumlah latihan dasar.
Pernah merasakan “terbang” menggunakan sepeda Bicycle Motocross (BMX)? Jika belum, berarti Anda harus mencoba permainan BMX Street atau Dirt Jump (selanjutnya ditulis BMX Street). Jenis permainan ini menuntut kepiawaian pesepeda dalam melompati sebuah rintangan, serta dilengkapi dengan sebuah trik. Umumnya rintangan itu meliputi: tabletop, double jump, atau jump box. Lewat rintangan itu, rider akan melompat tinggi, seolah-olah terbang. Biar terbangnya sempurna, aplikasikanlah trik terbang seperti superman.
Namun, kalau Anda tertarik dan ingin menseriusinya, hal utama yang mesti diterapkan adalah sebuah latihan dasar. Sebelum main BMX Street atau Dirt Jump, seorang pemula harus paham dulu jenis permainan ini . Selanjutnya rider pemula harus membentuk kekuatan tangan dan kakinya. Pembentukan kekuatan tangan dan kaki bertujuan untuk menahan goncangan saat sepeda di udara, landing atau jatuh ke tanah.
Bukan hanya tangan dan kaki saja yang perlu “diasah” agar Anda menjelma sebagai dirtjumper. Ada latihan lain yang mesti dipelajari. Jelasnya, berikut resep latihan singkat dari anak-anak BMX Street .
Melatih Kekuatan Tangan
Dalam mempelajari permainan sepeda BMX Street, kekuatan tangan sangat mutlak dilatih. Fungsi kekuatan tangan itu nantinya terasa saat Anda memegang kemudi (handlebars). Bila tangan Anda kuat, penguasaan atau kendali sepeda saat di udara maupun di darat akan stabil.
Untuk memenuhi syarat itu, rutinlah push up dan pull up. Berlatihlah setiap hari di waktu senggang Anda. Atau kalau Anda punya barbel, angkatlah beban itu berulang-ulang. Cara lainnya yang tergolong ekstrem, menurut perwakilan Juri Indonesia di Asian Indoor Games itu adalah turun gunung (downhill). Dengan melalui jalan off road yang berbatu, tangan dilatih untuk menjaga keseimbangan sepeda. Getaran yang dihasilkan lewat jalur off road akan membiasakan Anda memegang kuat handlebars.
Melatih Kekuatan Kaki
Kaki dilatih untuk menjaga keseimbangan tubuh saat mengayuh sepeda. Tujuan lainnya untuk mengatur kecepatan sepeda saat hendak melewati rintangan. Bila jarak antara start dan rintangan pendek, di situlah Anda dituntut memperoleh speed guna menghasilkan lompatan tinggi.
Cara melatih kaki terbilang sederhana dan mudah. Saya hanya menyarankan untuk menggenjot sepeda sesering mungkin. Makin seringnya Anda menggowes sepeda, kekuatan kaki perlahan-lahan akan timbul. Namun kalau menurut Anda itu bisa membosankan, olahraga jogging juga cukup membantu melatih kaki dan fisik tentunya.
Melatih Keluwesan Tubuh
Pemain BMX Street dituntut memiliki keluwesan tubuh. Itu berguna begitu Anda berada di udara mengaplikasikan gaya freestyle. Trik yang hendak Anda keluarkan itu nantinya akan terlihat lembut dan indah. Kalau sudah terbang kelenturan tubuh akan memperindah trik kita. Dan biar kelihatan cool .
Cara melatihnya dengan mulai menumbuhkan keberanian di arena sesungguhnya. Namun sebaiknya dimulai dengan melewati rintangan berupa tabletop pendek. Body protector wajib dikenakan saat mulai berlatih di trek .
Sebagai pemula, belajarlah trik dasar dulu. Di Indonesia sendiri sudah banyak trik dasar yang diadopsi dari luar. Misalnya: table top dan x-up. Rutinlah menerapkannya. Yang terpenting seorang pemula harus fokus dengan satu trik dulu .
Berlatih Cara Jatuh yang Baik
Dalam mempelajari permainan BMX Freestyle, resiko jatuh pasti ada. Namun supaya insiden itu tidak fatal dan berbahaya, Apep punya sedikit tips berlatih. Menurutnya, begitu Anda mencoba mengeluarkan satu trik buruk, dan bakal jatuh, sebaiknya jangan menahan beban tubuh Anda dengan tangan atau kaki. Ikutilah pergerakan jatuh Anda itu dengan berguling ke depan maupun ke samping. Tergantung arah jatuhnya.
Dan sebisa mungkin saat jatuh jangan bersama sepeda. Buanglah sepeda sesegera mungkin . “Tapi sebaiknya tetap gunakan protector saat berlatih.” Selamat berlatih.

Sumber : http://me7y.wordpress.com/2011/08/11/balajar-freestyle-bmx-nyoook/

” Bunny Hop ! Awal Dari Semua Trik Street BMX “

Bunny Hop adalah trik dasar dalam Street BMX. Paling dasar menurut saya. Karena, dengan BunnyHop kita dapat melakukan trik kombinasi yang WUIHH !!! Apakah Bunny Hop itu ? Bunny Hop adalah gerakan mengangkat kedua ban sepeda tanpa bantuan Ramp atau apapun. Yang harus dilakukan hanyalah mengangkat ban depan dengan menarik stang semaksimal mungkin, kemudian diikuti dengan gerakan mendorong kembali dengan cepat stang ke depan disertai  gerakan kaki sampai akhirnya ban belakang juga terangkat sama tinggi dengan ban depan. Selanjutnya mendarat di tanah dengan kedua ban. NGUMET ?!?!? Kalo masih bingung coba lihat Bunny Hop Steps berikut. Memang gambar ini bukanlah gambar BMX melainkan MTB. Tetapi gerakan Bunny Hop di semua jenis sepeda sama adanya ;

Senin, 11 Februari 2013

Nama Klub dan Komonitas Sepeda di DIY


Berikut ini beberapa daftar nama klub sepeda di Jogja beserta alamat serta lengkap dengan kontak personnya.

Dibawah ini dafftar lengkap nama klub sepeda yang ada di Jogja:
Othorejo Bycicle Club ( OBC ), LIBRARIAN BIKER CLUB (LBC), OSASA ( Obahe Sikil Agawe Sehating Awak ), CERIA CLUB, SEKAYO ( Sepeda Sehat Sekretariat KPU Kota Yogyakarta ), SEKAWAN BKD, DSC (Dintib Sepeda Club), Muse Koopy Cycling, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, Ngorpit, SHBC (Sari Husada Bikers Club), MACHE, AJISOKO (A. M. SANGAJI SEPEDA ONTEL KANGGO OLAH RAGA), BALAB komunitas bersepeda, SKAVENTA BUGAR,
SPETUTA CYCLING CLUB, Penggemar Sepeda Onthel RSUD, DALBONTEL CLUB (Dalbang Onthel Club), JOKTA DULLON (Pojok Balaikota Kidul Kulon), nGeGneth, Garda Sempati Yogyakarta, KMBC (kumpul makmur bicycle club), SPETENTA SEGAWE CLUB, Umbulharjo Ngepit Community, Bappeda Onthel Sehat Club, PITAGAWA(Pit-pitan Agawe Awak Waras), BANG JOPIT (Bank Jogja Pit), JONGGOZ (Jogja Onthel Ngoz-ngozan), PASOK(Paguyuban Sepeda Onthel Keuangan), PADZ OnC ( Padmanaba Onthel Club ), GONDOKUSUMAN PIT ONTHEL BIKERS, BODA BERSEPEDA, PANDAWA, STEPIRO BIKE’S COMMUNITY, BACIRO JAYA, Sego Segawe SMP 9 Yogyakarta, RABUK NYAWA, askrida cycling club, SENOPATI CYCLING CLUB, Osigase, Njeron Beteng Bike Club, BUM CYCLE, MUHDELA SEGO SEGAWE, KONAK (Komunitas Ngepit Amargo Kahanan), Paguyuban Onthel Rabuk Yuswo, PuKaSO (Puri Koperasi Asri Sepeda Onthel), PiTIK (Pit Teknologi Informasi dan Komunikasi ) UGM, BENGONG (BERGODO NGONTHEL NGEBLAK), DINDU CAPIL CICLE CLUB, GTS 2 SEPEDA ONTHEL CLUB, Pecinta Sepeda Godean (PSG), Jogja Folding Bike, KOMASTA, POSITIF SPORT CLUB, teratai bike club, Surya Perkasa, stta ngontel club, jwok, SKAD (Sepeda Kampus Ahmad Dahlan), SEKAR SETAMAN, Ezphero Bicycle Community ( EBC ), WASPADA(Pengawas Pandemen Sepeda), LCC (LAW CYCLE CLUB), VIRGO Comunity for Enviroment (VCE), SAMBER LILER (Sambil Bersepeda Lihat Lingkungan terbuka), SEKAGE (Sepeda Karyawan/wati Kotagede), GARDA SEMPATY (GAbungan penggemaR bersepeDA SEkolah Menengah PertamA Tiga Yogyakarta), GARDA SEMPATY (GAbungan penggemaR bersepeDA SEkolah Menengah PertamA Tiga Yogyakarta), kampung sepeda pajeksan, JOMATAPU ( Jogja maju tanpa polusi ), SPPIDY (Sepedaan Pegawai Pelajar Insan Danurejan Yogyakarta),

Jogjakarta yang dikenal sebagai kota sepeda memiliki ratusan club sepeda yang tersebar di kota maupun desa. Seiring dengan berkembang dan meningkatnya hoby bersepeda baik untuk berwisata maupun untuk berolah raga jogjakarta saat ini memiliki banyak klub sepeda. berbagai aliran klub sepeda ada di Jogja mulai dari klub sepeda onthel, klub sepeda dunhil, free style bike dan club sepeda gunung. Setiap hari minggu sedikitnya minimal ada 3 event funbike. Berikut ini daftar nama klub sepeda atau nama komunitas bersepeda  di jogjakarta:

Bike to be Happy Club dan Onthel be happy Club
Alamat: Komplek RS. Happy land medical center
Contact person: Harminto
Hp: 08156868141
Email: mintorisano@gmail.com
Di klub ini juga menyewakan sepeda untuk berolah raga dan berwisata

Sumber : http://sewasepedajogja.com/nama-klub-dan-komunitas-sepeda-di-jogjakarta/

Jumat, 08 Februari 2013

Tips mengecat sepeda


sekedar share aja cara saya ngecat sepeda (repaint). Agak sedikit ribet sih.. tp hasilnya menurut saya maxsimal
tahapan saya di mulai dari menghilangkan cat sepeda > amplas> primer> cat

Bahan yg di perlukan : paint remover, sikat kawat yang halus, amplas sikkens / toho (Grid 240, 400, 600, 800, 1000, 1200), RJ product (primer, paint, coating)

Tahap pertama : Menghilangkan cat lama:
A. sebelumnya cat lama harus di bersihkan terlebih dahulu, boleh dikerik. kemudian gunakan paint remover (beli di toko cat / bangunan). oleskan dibag yang ingin dihilangkan catnya dengan kuas.
biarkan sebentar hingga nanti cat lamanya menggumpal. setelah itu silakan disikat pake sikat kawat yg lembut usahakan jangan sampe cipratannya kena kulit (hati2 jgn cairan remover ini berbahaya buat kulit, apabila kena kulit segera cari air untuk membilasnya). paint remover ini harganya sekitar 20ribuan

B. kalau mau cari aman silakan gunakan amplas Grid 240 (usahakan beli agak banyak) gosok hingga catnya hilang. jangan menggunakan Grid dibawah 200. grid di bawah 200 terlalu kasar untuk rangka sepeda.

C. sabar dan teliti. menghilangkan cat lama memang butuh kesabaran, tenaga, dan ketelitian. karena bagian ini yg bener2 butuh pengamatan ekstra dan pekerjaan yg melelahkan


Tahap kedua : amplas dan bersihkan:

A. setelah selesai menghilangkan catnya silakan cuci rangka sepedanya pake sabun. jangan pake sabun yg ada pelembabnya (sabun mandi). Rekomendasi ; deterjen, sunlight, sabun colek

B. setelah dicuci bersih silakan segera keringkan. setelah itu boleh lanjut ke bag pengamplasan dimulai dari grid 400.., setelah itu Grid 600.., kemudian Grid 800.., (semuanya secara merata)

C. setelah selesai silakan cuci kembali rangkanya (pake air saja) setelah itu silakan gosok kembali dengan amplas grid 1000 (basahi amplasnya dengan air).

D. setelah selesai silakan cuci kembali dengan sabun dan keringkan (silakan anda membelai rangka sepeda anda.., dijamin mulus bak paha cw )


Tahap ketiga : primer:

Fungsi dari primer adalah sebagai lapisan dasar cat yang akan kita semprot.
Disini saya menggunakan cat semprot RJ. Warnanya yg sy rekomendasikan adalah Gray & White. Kode cat semprot RJ untuk white 1007 dan Gray 68 (klo tidak salah)

Buat anda yang nantinya mau paint warna terang silakan pilih white. Karena warna hasilnya nanti akan maksimal (meskipun nanti anda mau mengecat sepeda anda dengan warna putih). Sangat recommended untuk cat flurescent (cat yg warnanya ngejreng)
Kalau warna gelap anda bisa memakai primer Gray / White (terserah selera masing2)

Primer ini berbeda jenisnya dengan cat biasa, teksturnya berbeda. Menurut saya primer ini wajib hukumnya sebelum anda memulai mengecat sepeda.

Cara penggunaanya seperti anda menggunakan cat semprot biasanya. Kocok kalengnya selama 1 menit, kemudian Sapukan secara merata. Jangan takut apabila hasilnya menumpuk / tebal. Karena setelah primer ini nantinya akan diamplas lagi kok dengan Grid 1200


Tahap keempat : pengamplasan primer:

Setelah dipastikan primer kering, silakan anda basuh kembali rangka sepeda anda dengan air. Setelah ini anda perlu mengamplas kembali sepeda anda yg sudah diprimer td dengan amplas Grid 1200.

amplas sepeda anda yg sudah di primer td dengan dibasahi air (amplas secara pelan2 saja). Setelah bidang yg di amplas td, silakan coba diraba dengan tangan (saya jamin hasilnya sangat sangat mulus sekali. Paha cw kalah mulusnya gan hehehe).
Nah setelah tahap ini selesai silakan dicuci kembali pake sabun, setelah itu keringkan


Tahap kelima : pengecatan:

Silakan sapukan cat yg anda inginkan.. selapis demi selapis saja.. (tidak perlu tebal-tebal)
Disini sabar menjadi kunci agar hasil maksimal. Mau pake cat semprot monggo, lewat spray gun juga monggo.. setelah dipastikan kering silakan lapis dengan coating (tidak wajib, ya selera masing2 ajalah). coating fungsinya buat melindungi lapisan cat.
Coating Ada dua macam : matt (flat) dan clear


Btw ini sekedar share saya saja. Mau di jadiin acuan ya monggo.. engga jg gpp.. sante saja karena tiap2 orang pasti punya cara berbeda2
memang agak repot.. tapi untuk saya pribadi sudah puas. Lebih baik tersiksa diawal tapi dapat hasil cat yang maksimal
klo mau lebih maksimal lagi bisa tuh pake waxing. Catnya di jamin kinclong kek mobil. Tp saya rasa coating saja sudah cukup kok. toh jg nanti sepedanya tidak untuk kontes fashion seperti mobil kan hehehe.

diambil dari : http://sansida.blogspot.com/2012/01/tips-mengecat-sepeda.html